KLINIK
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Kunjungan Siswa ke Klinik UB

Sebagai Klinik Pratama, Klinik Universitas Brawijaya juga berkewajiban untuk melakukan layanan preventif selain layanan kuratif. Oleh karena itu, Poli Gizi Klinik Universitas Brawijaya melaksanakan Program Healthy Growth Project yaitu suatu kegiatan pengukuran status gizi bagi siswa pra sekolah yang bertujuan untuk memberikan informasi dan sosialisasi kepada sekolah dan wali murid tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan dari parameter yang lebih lengkap.

Healthy Growth Project merupakan kegiatan yang ditawarkan sebagai bentuk layanan preventif pada sekolah-sekolah TK dan PAUD sebagai bentuk pencegahan terhadap terus meningkatnya prevalensi Stunting di Indonesia. Salah satu prioritas pembangunan kesehatan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2015-2019 adalah perbaikan gizi, khususnya stunting (pendek/kerdil), karena hal ini merupakan prediktor rendahnya kualitas sumber daya manusia yang dampaknya menimbulkan risiko penurunan kemampuan produktif suatu bangsa.

Kegiatan ini telah dilakukan selama 2 tahun terakhir, bekerjasama dengan beberapa kelompok bermain dan Taman Kanak-kanak di sekitar Klinik Universitas Brawijaya diantaranya KB dan TK Omah Bocah Annafie’, TK BSS Universitas Brawijaya, TK BA Restu 2 Malang, dan TK Pembina 1 Malang. Kegiatan ini meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan rutin sekali setiap bulan selama 6 bulan, dan pelaporannya di akhir semester diberikan kepada wali murid.

Sekolah-sekolah tersebut juga berkesempatan untuk mengajak para siswanya berkunjung ke Klinik Universitas Brawijaya untuk memperkenalkan pada suasana pengobatan yang ramah anak dan berbagai profesi bidang kesehatan. Para siswa diajak untuk berkeliling ke beberapa bagian Klinik UB diantaranya Poli Umum, Poli Gigi , Apotek, Poli Gizi dan Poli KIA. Para siswa juga diberitahukan tetnang pentingnya menjaga kesehatan, dengan menjaga kebersihan dan makan makanan sehat.

/intan