Ditulis pada tanggal 27 Maret 2017, oleh admin, pada kategori Artikel Kesehatan

10 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Hasil gambar untuk pisang

  1. Mengurangi Morning Sickness
    Ibu hamil biasanya akan sering merasa mual dan muntah di pagi hari, terutama pada trimester kehamilan pertama. Kondisi tersebut disebut dengan nama morning sickness, untuk menguranginya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah pisang.
  2. Membantu Perkembangan Syaraf dan Otak Janin
    Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah pisang berfungsi untuk membantu proses perkembangan syaraf dan otak janin. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya bayi lahir prematur dan lahir cacat.
  3. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia
    Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah anemia atau kurang darah. Anemia akan memberikan resiko buruk pada ibu hamil dan janinnya karena akan menyebabkan terjadinya komplikasi pada proses persalinan dan setelahnya. Untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang berperan untuk memproduksi sel-sel darah merah.
  4. Mengatasi Masalah Gangguan Pencernaan
    Di dalam buah pisang terdapat kandungan serat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan ibu hamil, seperti sembelit, susah buang air besar dan wasir. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga berperan untuk menyehatkan organ-organ pencernaan.
  5. Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
    Kandungan serat serta komponen mineral yang terdapat di dalam buah pisang seperti, kalium, kalsium dan magnesium berperan untuk meningkatkan proses metabolisme sehingga dapat berlangsung lebih cepat dan dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. [1]
  6. Menambah Energi
    Pada umumnya, seorang ibu hamil cepat merasa lelah dan lemas saat beraktivitas. Jika tak ingin hal tersebut terjadinya, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Mengkonsumsi pisang juga dapat dijadikan pilihan untuk menambah energi.
  7. Menambah Nafsu Makan
    Biasanya, ibu hamil akan cenderung susah untuk mengkonsumsi makanan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya, yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan berbagai nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang dapat digunakan untuk menambah nafsu makan.
  8. Mencegah Rasa Stres
    Selain mengalami perubahan fisik dan hormon, ibu hamil juga akan mengalami perubahan emosi sehingga menjadi lebih emosional dan sensitif. Rasa buah pisang yang manis dan enak dapat digunakan untuk menenangkan pikiran sehingga dapat mencegah ibu hamil mengalami rasa stres.
  9. Menjaga Kesehatan Tulang Ibu dan Janinnya
    Buah pisang mempunyai kandungan kalsium yang cukup banyak. Kandungan kalsium tersebut mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan tulang dan janin. Dengan kata lain, kalsium di dalam pisang dapat mencegah kelainan struktur tulang pada janin dan dapat mencegah terjadinya gangguan tulang pada ibu hamil.
  10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah pisang agar terhindar dari ancaman penyakit dan gangguan pada janin.

Meskipun buah pisang mempunyai banyak manfaat untuk hamil, namun setiap ibu hamil harus tetap mengimbanginya dengan mengonsumsi aneka makanan hingga minuman bernutrisi tinggi, menjalankan pola hidup sehat, beristirahat secara teratur dan tidak malas untuk bergerak. Semua itu berguna untuk menyehatkan kondisi ibu hamil dan janinnya serta dapat melancarkan proses persalinan. Supaya tidak bosan mengkonsumsi buah pisang secara langsung, sebaiknya olahlah menjadi makanan yang menggugah selera makan.

Referensi :

hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/buah-sehat/manfaat-pisang-untuk-ibu-hamil