Poliklinik Universitas Brawijaya dibentuk pada tahun 1973, dan secara umum mempunyai tugas memberikan layanan di bidang kesehatan. Pada awalnya, Poliklinik UB berlokasi di lingkungan Fakultas Pertanian JL. Mayjen Haryono no. 169. Pada tahun 2005 keberadaan Poliklinik dipindahkan ke gedung baru yang berlokasi di JL Mayjen Haryono 163 Malang. Dan pada bulan Mei 2012 dipindahkan sementara di area gedung Rumah Sakit Akademik Universitas Brawijaya Malang di JL. Soekarno-Hatta, tepatnya di gedung C lantai 1, hingga akhirnya pada bulan Maret 2016 Poliklinik UB telah pindah dan memiliki gedung baru tepatnya di JL Mayjend Panjaitan yang masih satu komplek di Universitas Brawijaya .

Poliklinik UB adalah unsur pelaksana non-akademik universitas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan pada civitas akademika beserta keluarganya, serta masyarakat umum yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor.

Program Poliklinik UB tahun 2011 adalah melanjutkan kegiatan tahun 2010 yang sudah berjalan dan menyempurnakan pengelolaannya. Untuk itu sesuai mandat utama Poliklinik UB, maka program Poliklinik difokuskan pada: a) Peningkatan pelayanan di bidang kesehatan, b) Peningkatan kerjasama dengan pengguna pelayanan kesehatan dan asuransi kesehatan; c) Peningkatan pengabdian kepada masyarakat.