Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di Poliklinik Universitas Brawijaya

Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di Poliklinik Universitas Brawijaya

PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Tujuan PROLANIS adalah Mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.Sasaran PROLANIS adalah Seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakitkronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi)

Aktifitas dalam Prolanis meliputi aktifitas konsultasi medis /edukasi, Home Visit, SMS Gateway, Senam, aktifitas klub dan pemantauan status kesehatan. Penanggungjawab adalah Kantor Cabang BPJS Kesehatan bagian Manajemen Pelayanan primer. Pengisian formulir kesediaan bergabung dalam PROLANIS oleh calon peserta PROLANIS.

Peserta PROLANIS harus sudah mendapat penjelasan tentang program dan telah menyatakan kesediaannya untuk bergabung. Validasi kesesuaian diagnosa medis calon peserta. Peserta PROLANIS adalah peserta BPJS yang dinyatakan telah terdiagnosa DM Tipe 2 dan atau Hipertensi oleh Dokter Spesialis di Faskes Tingkat Lanjutan. Peserta yang telah terdaftar dalam PROLANIS harus dilakukan proses entri data dan pemberian flag peserta di dalam aplikasi Kepesertaan. Demikian pula dengan Peserta yang keluar dari program. Pencatatan dan pelaporan menggunakan aplikasi Pelayanan Primer (P-Care).