design cover dan belakang_F4

Poliklinik merupakan bagian penting dari sistem pelayanan kesehatan yang ada. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, poliklinik harus senantiasa meningkatkan mutu pelayanan agar sesuai dengan yang diharapkan, salah satunya dengan peningkatan kualitas kerja. Pelayanan yang bermutu tidak hanya pada pelayanan medis saja. Akan tetapi pelayanan penunjang seperti penanganan rekam medis pasien juga merupakan salah satu indikator mutu pelayanan yang dapat diketahui melalui kelengkapan pengisian berkas rekam medis.

Upaya peningkatan kualitas mutu pelayanan kesehatan di poliklinik khususnya di poli ub sangat tergantung dari tersedianya data dan informasi yang akurat, tepat waktu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Upaya tersebut dapat dilakukan apabila faktor manusia dalam pengelolaan rekam medis memiliki pengetahuan dan keterampilan yang profesional, serta ditunjang dengan sarana dan prasarana baik.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MenKes/PER/III/2008, rekam medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Oleh karena itu, rekam medis merupakan catatan yang mencerminkan segala informasi penting yang menyangkut pasien, menjadi dasar untuk menentukan tindakan yang lebih lanjut dalam upaya pelayanan medis.

Data rekam medis, khususnya data sosial pasien merupakan lembaran pertama dari rekam medis sehingga bisa dikatakan bahwa data sosial awal dari penyelenggaraan rekam medis yang harus diisi dengan lengkap agar dapat menghasilkan informasi yang lengkap dan berguna untuk mengetahui secara akurat latar belakang pasien. Dalam rangka meregenerasi berkas rekam medis, pembuatan rekam medis wajib sesuai dengan aturan yang berlaku sembari menunggu selesainya sistem IT rekam medis yang dibuat oleh rekan unit kerja kami yaitu TIK. Nantinya sistem pelayanan akan menjadi lebih baik cepat dan akurat jika sistem IT telah selesai, karena semuanya terintegrasi.